Jenis-jenis Senapan Angin Yang Perlu Diketahui

Advertisemen



Senapan angin adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan  menggunakan  tenaga  udara  atau  sejenis  gas tertentu  yang  dimampatkan.  Senapan  angin  biasanya  digunakan  untuk  olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai
biasanya juga tidak terlalu besar  yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah.
 
Produksi senapan angin dalam perkembangannya sangat dipengaruhi oleh factor social pada  masyarakat  dan  pertumbuhan  ekonomi  bangsa.  Harga  bahan baku untuk memperoduksi mempengaruhi harga jual. Makin makin bagus kualitas bahan baku  yang  digunakan  dalam  proses  produksi  senapan  angin  tentu  akan menghasilkan senapan dengan kualitas premium pula. Harga jual senapan angin dengan   kualitas premium   yang   tinggi   sepadanya   dengan   yang   ditentukan masyarakat sebagai konsumenya.

Berikut adalah Jenis Senapan Angin:

Senapan tipe per/pegas

Senapan angin yang memakai per untuk memompa udara untuk mendorong peluru. Untuk yang bertipe per, senapan angin dibagi dalam:
  •     tipe under lever,
  •     side lever, dan
  •     patah laras (break barrel).

Pembagian tipe tersebut berdasarkan cara pegas di tekan sehingga senapan dalam keadaan terkokang untuk siap tembak.
Senapan angin yang memakai gas dalam tabung yang termampatkan
Gas sudah dipompa terlebih dahulu sebelum senjata akan digunakan.

1. Menggunakan tabung Gas CO2 kecil yang mana proyekstil atau pelet di dorong menggunakan tekanan yang Gas CO2 dari dalam tabung, tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya di pergunakan pada pistol atau senapan angin dengan jarak tembak pendek +/- 10m. Pellets yg digunakan biasanya tipe diabolo.

2. Menggunakan udara tekan biasa disebut PCP (Pre Charge Peneumatic) memiliki tekanan yang besar antara 2.000 - 3.000 psi, dapat melontarkan proyektil atau pellet sampai kecepatan > 1.000 fps biasa digunakan pada small or medium hunting. bisa menggunakan tipe pellets semua jenis termasuk tipe pile driver yg membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500psi untuk menghasilkan daya lontar peluru yg optimum.
 
Senapan tipe pompa/uklik
Senapan angin yang memakai pompa (pump action) untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan proyektil. Sedangkan untuk tipe pompa ada dua tipe cara pelepasan angin, yaitu :
  •     Knock open valve dan
  •     Dumping system
Pada sistem Knock Open Valve digunakan pemukul/hammer seperti senjata api biasa pada bagian dalam dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengn pistol colt. Untuk Dumping system menggunakan klep yg dapat terbuka penuh pada saat trigger/pelatuk terpicu. Contoh senapan angin yg menggunakan Knock open valve yaitu Benyamin Sheridan, Titan, Falcon, Kalong, Kuda (dua terakhir lokal).

Untuk Dumping system yaitu Sharp Dragon, Innova, Ace, Shapto (lokal) biasanya pada industri senapan angin dibeberapa negara menyamakan peraturannya mirip dengan senjata api. Dan untuk mencegah senapan angin yang diproduksi secara rumahan/home industri diselewengkan, pemerintah beberapa negara membatasi panjang laras terpendek yaitu minimal 45 cm/18" dari ruang proyektil untuk senjata api dan 12" untuk senapan angin.

Demikian adalah artikel mengenai jenis senapan angin. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Sumber ini saya dapat dari wikipedia.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments